Hindarilah Penggunaan Pemilihan Oli Yang Salah

Hindarilah Penggunaan Pemilihan Oli Yang Salah – Terkadang untuk saat ini menggantian suatu pelumasan (oli) pada suatu mobil banyak mengalami kesalahan. Padahal untuk pemilihan oli mobil yang tepat dapat memperpanjang usia mobil dan memaksimalkan performa pada mesin kendaraan.

Berikut adalah beberapa tips yang harus di perhatikan saat memilih oli pada mobil yang tepat:

Hindarilah Penggunaan Pemilihan Oli Yang Salah

Langkah pertama yang harus Anda ketahui adalah jenis mesin kendaraan yang dapat di ketahui dari buku manualnya. Dalam buku manualnya biasanya akan terdapat informasi mengenai teknologi mesin dan jenis oli yang cocok. Meskipun terlihat sama, pada dasarnya setiap pelumasan memiliki fungsi dan spesifikasi yang berbeda. Sehingga kita harrus melihat apakah oli yang di pilih sudah sesuai dan dapat di terima baik oleh mesin mobil kita.

Baca Juga :  Memperbaiki Gangguan Pada Sistem Pemasukan Dan Pembuangan

Hal kedua yang harus di perhatikan adalah tingkat kekentalan dari oli tersebut. Untuk mobil-mobil keluaran terbaru yang bisanya terdapat kode VVT,VVTi dan lainnya, paling tidak mesin tersebut menggunakan oli dengan kekentalan 5W30 atau 10W40. Mesin tersebut tidak akan cocok jika menggunakan jenis oli yang memiliki tingkat kekentalan lebih dari itu.

Baca juga: Menganalisis Gangguan Pada Sistem Pelumasan

Jangan lupa juga untuk memerhatikan kode-kode yang biasanya tertera pada kemasan oli, seperti API yang memiliki ketentuan kode yang mudah dimengerti. Seperti untuk jenis mobil generasu sebelumnya menggunakan kode API SI.

Baca Juga :  Pemeliharaan Otomotif

Setelah itu, kita juga harus melihat alfebet yang ada pada kode SAE-nya. Misalkan SAE 50 yang memiliki tingkat kekentalan yang cocok untuk suhu yang panas. Atau SAE 15W-SAE 50, huruf W ini menjelaskan untuk “Winter” sehingga cocok untuk kondisi dingin. Dengan melihat kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal pada mesin.

Tak lupa juga untuk memerhatikan Oli synthetic. Biasanya Oli synthetic di gunakan untuk mesin berteknologi baru yang membuatkan pelumasan ekstra yang lebih baik, di mana celah antara logam lebih sempit atau presisi. Hanya oli synthetic yang mampu melapisi dan mengalir sempurna diantara celah mesin tersebut.

Baca Juga :  Pembentukan Busur Nyala Listrik Dalam Metode Sambung